Karya Wisata dan Kunjungan UMKM ke Bali

Beberapa waktu yang lalu tanggal (28 Januari hingga 1 Februari 2020), kami melaksanakan karya wisata dan kunjungan UMKM ke Bali. Apa yang kami dapat? Inilah cerita kami, semoga bisa dinikmati dengan baik.

27 Januari 2020
Satu hari sebelum ke Bali , kami tetap berangkat sekolah seperti biasa dan pulang seperti biasa pukul 15.00 WIB. Kami langsung pulang dan melakukan persiapan akhir serta berbelanja keperluan tambahan selama di Bali.

28 Januari 2020
Kami berkumpul di sekolah kami tercinta pukul 06.00 WIB untuk pengarahan hingga pukul 06.15 WIB. Selama pengarahan itu, juga dilakukan pembagian jaket seragam identitas. Kemudian, perjalanan dimulai dan sambil menikmati perjalanan dibagi sarapan. Kami memanfaatkan jalan tol trans-jawa. Sebelum makan siang, rombongan SMK sudah mampir ke rest area di sekitar tol sebanyak 3 kali. Kira-kira pukul 12.30 WIB rombongan makan siang di daerah Tongas, Probolinggo di Depot Titin, makan siang berlangsung sampai pukul 13.30. Setelah itu melanjutkan perjalanan lagi. Perjalanan yang kami lalui indah. Kami melihat laut dan PLTU yang terkenal, yaitu PLTU Paiton. Pada pukul 15.15 WIB kita sampai di Utama Raya Jatim untuk MCK, istirahat, dan lain sebagainya.

Ada hal yang berkesan bagi kami pada saat istirahat ini. Terjadi sebuah insiden kecil, yaitu truk yang menyenggol spion bis yang kami tumpangi. Bis terguncang dan kami terkejut. Ada yang mengira ada gempa tetapi ternyata bukan. Kami sempat was-was, sebab kuatir tidak bisa melanjutkan perjalanan. Spion merupakan komponen vital pada kendaraan. Kekuatiran kami tidak terbukti. kami tetap bisa melanjutkan perjalanan dengan spion cadangan.

Perjalanan dilanjutkan untuk menuju restoran untuk makan malam waktu itu pukul 17.47 WIB. Setelah makan malam, Rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke pelabuhan Ketapang untuk menyebrang ke Gilimanuk. Pada pukul 22.00 WIB, kita nyebrang dan sampai ke Bali pukul 00.00 WITA.

29 Januari 2020
Rombongan SMK Ignatius sampai di rumah makan Kurnia Jatim pukul 04.00 WITA. Setelah mandi dan sarapan, kita menuju ke Tanah lot sebagai tempat wisata pertama.

Google Photo
Google Photo
Google Photo
Google Photo
Google Photo
Google Photo
Google Photo
Google Photo
Google Photo
Google Photo

Di Tanah Lot pada banyak yang foto – foto, ada juga yang ke pura suci, ada yang melihat ular suci, dan pada saat perjalanan menuju ke bis ada juga yang berbelanja di sekitaran tanah lot itu.
Google Photo
Google Photo
Google Photo
Google Photo
Google Photo

Setelah dari Tanah Lot, kita melanjutkan perjalanan menuju ke tempat wisata kedua yaitu, Tanjung Benoa. Kita naik perahu untuk menuju ke Pulau Penyu. Dalam perjalanan menuju Pulau Penyu itu, kita dapat melihat Patung Garuda Wisnu Kencana. Dari kejauhan, patung itu terlihat besar; apalagi dari dekat pasti sangat besar. Sesampainya di Pulau Penyu, kita melihat berbagai ukuran penyu dan ada beberapa jenis burung di sana. Setelah dari pulau penyu, aktivitas berikutnya adalah makan siang di Tanjung Benoa. Perjalanan dilanjutkan menuju ke tempat wisata ke tiga, yaitu pantai Pandawa.

Sampai di pantai Pandawa, kita langsung turun dari bis setelah di beri instruksi dan berjalan menuju pantai nya. Panas yang sangat terik tidak menjadi pengahalang untuk kita tetap foto foto dan ada juga yang bermain air di sana. Setelah dari Pantai Pandawa, kita melanjutkan perjalanan menuju ke tempat wisata keempat, yaitu Ulu Watu. Ada beberapa siswi yang tidak ikut masuk ke dalam yang lebih dekat dengan Pura Ulu Watu dikarenakan sedang halangan. Setelah dari Ulu Watu kita melanjutkan perjalanan menuju Pantai Jimbaran untuk makan malam dan menikmati indahnnya matahari terbenam di Pantai Jimbaran. Pada kesempatan kali ini juga sekaligus merayakan hari ulangtahun salah seorang guru kita, yaitu Bu Dwi.

Setelah menikmati makan malam dan menikmati matahari terbenam di Pantai Jimbaran, kita melanjutkan perjalanan menuju ke pusat oleh-oleh “Karang Kurnia”. Kita disana hampir semua berbelanja untuk keluarga, teman, pacar dan saudara-saudara kita. Setelah dari pusat oleh-oleh, kita melanjutkan perjalanan menuju hotel untuk beristirahat sekitar pukul 21.00 WITA.

30 Januari 2020
Dihari ketiga ini, pagi pukul 07.00 WITA kita sarapan pagi sampai pukul 08.00 WITA. Setelah itu kita melanjutkan perjalanan menuju ke Barong Dance yang berada di dekat hotel. Kita menonton tari barong dari pukul 08.30-10.00. Setelah dari tari barong, kita melanjutkan perjalanan menuju ke tempat pembuatan pie susu “Dewata”. Di sana, kita melihat proses bagaimana membuat pie susu dan bahan apa saja yang mereka gunakan. Setelah melihat cara membuat pie susu, kita makan siang dan berbelanja di situ. Perjalanan dilanjutkan ke Tirta Empul. Dalam perjalanan ke Tirta Empul, hujan deras dan bahkan sampai di sana pun hujan masih belum berhenti. Namun, tetap saja ada yang turun untuk melihat-lihat dan berfoto-foto. Setelah dari Tirta Empul, kita melanjutkan perjalanan ke Desa Panglipuran. Hujan tetap menyambut kami di Desa Panglipuran, tetapi banyak dari kami yang menerobos untuk berfoto-foto disana dan melihat betapa bersihnya desa itu. Setelah dari Desa panglipuran, kita pulang ke hotel, makan malam dan packing untuk pulang.

31 Januari 2020
Hari keempat sekaligus hari terakhir kami di Bali. Kami sarapan dan persiapan untuk check out.
Setelah check out hotel kita melanjutkan perjalanan menuju ke Tempat Nyaman (Teman) Jogger. Setelah sampai di Jogger semuanya pada berbelanja keperluan dan pesanan masing-masing. setelah dari Jogger kita melanjutkan perjalanan ke Bedugul. sebelum ke Bedugul kita mampir makan siang dulu di rumah makan Taman Sari. setelah makan siang, kita menuju ke Bedugul dan saat sampai di bedugul kita befoto foto dan melihat pemandangan bedugul yang indah. Setelah dari Bedugul kita melanjutkan perjalanan pulang kembali menuju ke Semarang. Pukul 20.00 kita sampai di rumah makan untuk makan dan mandi , setelah itu melanjutkan perjalanan.

1 Februari 2020
Pukul 03.00 WIB kita berhenti di rest area-Tol Trans Jawa dikarenakan menunggu sopir istirahat dan ada yang jajan, ke toilet, beli minuman dan lain-lain. Pukul 06.00 WIB sampai di Semarang dengan selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.